BERITA

Ke Ancol, Pakai Kendaraan Umum Saja! Lebih Murah Lho!

Kamis, 24 September 2009

ANDA mendapat sejumlah keuntungan lebih jika berwisata ke Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) - Jakarta dengan menggunakan Kereta Api / Kereta Rel Listrik atau bus Transjakarta. Kereta api dan bus Transjakarta ke Ancol tergolong cukup nyaman. Selain lebih murah dibanding dengan kendaraan pribadi, Anda juga mendukung upaya pengurangan pemanasan global dan tingkat kemacetan di Jakarta. Sebagai 'penghargaan' dari pihak Ancol, Anda akan mendapat harga diskon untuk tarif masuk.

"Ancol memang mendorong pengunjung untuk memanfaatkan fasilitas kendaraan umum seperti busway atau kereta. Karena itu, tiket individu untuk mereka, kami berikan diskon," kata staf Humas Ancol, Nicke Putri, dalam pesan singkatnya, Rabu (23/9).

Harga tiket masuk Ancol pada masa liburan Lebaran ini, jika Anda menggunakan fasilitas umum kereta api, hanya Rp 7.500 per orang. Pengunjung yang menggunakan bus Tranjakarta hanya ditarik ongkos masuk, Rp 11.000 per orang. Sementara pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi harus membayar Rp 13.000 per orang.

Jika Anda menggunakan kereta api, tiket masuk dapat dibeli secara paket (tiket pergi-pulang kereta Ekspress AC yang biasa disebut Kereta Wisata Ancol). Kereta wisata ini melayani empat rute di Jabodetabek, yaitu Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Serpong. Saat membeli tiket Kereta Wisata Ancol ini, Anda  akan mendapatkan tiga lembar kertas. Kertas pertama merupakan tiket kereta menuju ke Ancol. Kertas kedua merupakan tiket masuk Ancol, dan kertas ketiga merupakan tiket kereta untuk pulang.

Satu paket tiket kereta wisata dari Bogor harganya Rp 29.500, dari Bekasi Rp 25.500, Tangerang Rp 22.500, dan Serpong Rp 23.000. “Selain murah, banyak keuntungannya kok. Jika menggunakan Kereta Wisata Ancol, pengunjung tidak perlu berjalan kaki untuk masuk ke TIJA. Sebab, nanti ada mobil jemputannya,” kata petugas loket di Stasiun Kereta Wisata Ancol, Nazrimon.

Bagian dalam Kereta Wisata Ancol bersih dan terawat. Air conditioner (AC)-nya pun terasa.  Kereta ini  beroperasi pada hari libur. “Adanya cuma di hari libur, tanggal merah, libur nasional, libur sekolah, dan Lebaran,” kata Nazrimon. Jam operasinya pun tertentu pula.

Nah, kalau kesulitan dengan jam operasi kereta api yang terbatas, coba manfaatkan bus TransJakarta. Bus TransJakarta beroperasi setiap hari dari pagi hingga malam (pukul 22.00). Koridor bus TransJakarta yang sudah terintegrasi, memudahkan Anda untuk menjangkau Ancol. Armada bus yang masih terawat baik, tidak akan mengurangi kenikmatan selama liburan kok.

Tetapi bagaimana cara mengelilingi TIJA, tanpa harus memperbesar betis, jika menggunakan kereta api atau bus? Tak perlu kuatir, TIJA menyediakan sejumlah kendaraan untuk inner transfortations di dalam Ancol, antara lain bus dan kereta mini, yang dapat Anda manfaatkan secara gratis. (BOB)